Soekarno

Tim RBeBe - 19 May 2024

Lahir 6 Juni 1901 di Surabaya dengan nama Koesno, kelak ia menjadi Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia. Klik Soekarno @Wikipedia yang menyajikan berbagai informasi, dari asal muasal nama, sejarah kehidupan, silsilah istri dan anak, kiprah politik sampai penghargaan yang diterima Soekarno, sebelum wafat di tanggal 21 Juni 1970 di Jakarta.

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Tulisan di artikel ini tidak menyajikan info terkait Soekarno secara panjang lebar, karena sudah cukup lengkap tertulis di Wikipedia. Terdapat juga berbagai buku terkait Soekarno yang bisa di unduh (tautan ada di bagian akhir artikel ini) dan juga berbagai video di Ruang Belajar Soekarno di Rbebe.

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Peninggalan Berharga Soekarno

Soekarno mempunyai banyak peninggalan berharga yang bahkan fundamental bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. 

  • Pada tahun 1926, Soekarno mendirikan Algemene Studie Club di Bandung, kelak di tahun 1927 menjadi Partai Nasional Indonesia, partai politik pertama dan tertua di Indonesia, yang merupakan pergerakan untuk kemerdekaan Indonesia.

  • Soekarno merumuskan Pancasila, UUD 1945 dan Proklamasi yang merupakan pondasi dan jiwa dari Negara Kesatuan Repiblik Indonesia

  • Sebagai sang Proklamator Republik Indonesia (bersama bung Hatta)

  • Sebagai Presiden pertama Indonesia yang meletakkan dasar-dasar pembangunan bangsa Indonesia

  • Teladan sebagai orator yang ulung dan kharismatik

Karya Tentang Soekarno

Selain sebagai tokoh yang sangat dihormati, dihargai dan melegenda di Indonesia, Soekarno termasuk sebagai tokoh yang sangat dikenal dunia. Berikut bberapa contoh karya terkait Soekarno:


Pembenci Soekarno?

  • Kekalahan Jepang yng disusul proklamasi kemerdekaan Indonesia bisa menimbulkan kebencian dari orang Jepang saat itu kepada sosok Soekarno.

  • Bangsa Belanda dan Sekutu bisa juga membenci Soekarno paska ketidakberhasilannya dalam menjajah kembali Indonesia setelah Jepang hengkang dari Indonesia. Agresi Militer Belanda semua gagal dibawah kepemimpinan Presiden Soekarno. Mungkin itu sebabnya jalan di Belanda menggunakan beberapa nama pejuang Indonesia tapi tidak ada nama Soekarno.

  • Sikapnya yang dulu menolak pembubaran Partai Komunis Indonesia/PKI, bisa jadi memunculkan orang-orang yang membencinya, dimana PKI menciptakan gerakan berdarah di tahun 1965.

  • Para anggota DPR yang dulu dibubarkan Soekarno tahun 1955 bisa jadi membenci sikap Soekarno

  • Para penentang poligami juga bisa menjadi pembenci Soekarno yang memperistri sampai 9 wanita. Sebagian dari jumlah tersebut menolak dipoligami dan berakhir perceraian. 

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Pada dasarnya tidak ada manusia sempurna, semua mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Walau ada sisi negatif dari sosoknya, namun Soekarno telah menjalankan perannya yang banyak memberi manfaat bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Yang baik, dihargai dan diteladani, yang buruk dijadikan pelajaran dan ditinggalkan. 

Klik Ruang Belajar Soekarno di Rbebe yang menyajikan berbagai video terkait Soekarno. Kiranya bermanfaat. Terus semangat.

(Tim Rbebe)

Kritik saran mohon sampaikan kepada kami. Terimakasih.