Keajaiban Nafas, Berbagai Pernafasan Sehat

Tim RBeBe - 19 May 2024

Tanpa bernafas hampir semua mahkluk hidup akan mati. Hanya ada segelintir mahkluk hidup yang konon tidak perlu oksigen dan tidak bernafas. Bernafas (klik untuk terhubung ke Wikipedia) adalah hal esensial yang makhluk hidup lakukan setiap saat secara otomatis.

Hanya dengan menghirup nafas panjang saja, manfaatnya banyak sekali, namun banyak orang jarang (sekali) melakukannya. Berbagai manfaat bernafas panjang bisa anda lihat di internet, dari manfaat psikis sampai kesehatan paru-paru bahkan otak.

Berikut beberapa teknik pernafasan yang dilakukan dengan cara dan postur tertentu:

Pernapasan Dalam

Bisa dilakukan posisi berdiri atau duduk. Kedua siku tangan bisa ditarik agak ke belakang agar dada membusung. Tarik napas dalam lewat hidung, tahan napas hingga lima hitungan, lalu hembuskan napas perlahan lewat hidung. 

Pernafasan ini membantu menghirup udara lebih segar, membuat rileks dan fokus, meredakan napas terengah-engah.

Pernapasan Diafragma
Bisa dimulai dengan posisi duduk sambil bersandar. Letakkan satu tangan di perut dan lainnya di dada. Tarik napas melalui hidung selama dua detik, dan rasakan udara membuat perut mengembang dan dada tidak membusung. Hembuskan napas selama dua detik lewat bibir yang terbuka kecil. Ulangi beberapa kali. Klik Video Pernafasan Diafragma oleh Halodoc.

Pernafasan ini bagus untuk meningkatkan kapasitas paru-paru, meningkatkan saturasi oksigen.

Pernafasan Untuk Penyembuhan

Pernafasan dengan penghitungan waktu teratur dari penarikan nafas, tahan dan hembusan. Klik video LATIHAN PERNAPASAN DASAR UNTUK PENYEMBUHAN (Miracle of Breath Indonesia | MoBI Anti Diabetes) 

Pernapasan Pursed Lip

Rilekskan leher dan bahu, tarik napas perlahan melalui hidung (pastikan bibir tertutup). Hembuskan napas pelan-pelan melalui bibir yang terbuka sangat kecil seperti hendak bersiul. Keluarkan napas sepelan dan selama mungkin (bahkan lebih lama dari saat menarik napas). Ulangi hingga beberapa kali. Membantu meningkatkan fungsi paru.



Lion's Breath
Duduk nyaman sambil bersandar, kemudian letakkan kedua telapak tangan di kedua lutut. Pada saat bersamaan, buka mulut dengan lebar sambil menjulurkan lidah sepanjang mungkin. Hembuskan napas dengan membuat suara "ha" untuk mengontraksi otot di depan tenggorokan. Ulangi hingga dua atau tiga kali.

Pernafasan ini bermanfaat untuk mengurangi ketegangan di dada dan wajah.

Pernapasan Vritti
Dapat dimulai dalam posisi duduk. Bernapas seperti biasa melalui hidung. Hitung durasi saat menarik dan menghembuskan napas, dan usahakan durasi keduanya sama. Bisa menambahkan jeda setelah menarik dan menghembuskan napas jika merasa nyaman. Ulangi teknik ini hingga lima menit.

Teknik pernapasan ini fokus untuk membuat durasi menarik dan menghembuskan napas sama panjangnya.


Pernapasan Resonan atau Koheren
Bernapas sambil berhitung sampai lima, kemudian menghembuskan napas sambil berhitung sampai lima. Ulangi sampai beberapa menit.

Pernafasan ini membantu memaksimalkan variabilitas detak jantung, mengurangi stres.

Pernapasan Sitali
Bisa dilakukan dalam posisi duduk. Julurkan lidah lalu sisi lidah gulung ketengah (klik Video dari Bidan Kita, lihat menit ke 1.19). Tarik napas melalui mulut dengan posisi lidah tergulung, lalu hembuskan lewat hidung. Ulangi cara ini hingga lima menit bila diperlukan.

Pernapasan ala yoga ini bisa membantu menurunkan temperatur badan dan menenangkan pikiran.

Latihan Rib Stretch
Hirup udara sebanyak mungkin dan tahan napas selama 10-25 detik lalu hembuskan secara normal. Ulangi teknik ini tiga kali sehari dengan durasi 2-5 menit per latihan. Pernafasan ini meningkatkan kapasitas paru-paru.

Kiranya bermanfaat. Terus semangat.

(Tim RBeBe)

Kritik saran mohon sampaikan kepada kami

Mari bersama (klik) Wujudkan 100 Materi Belajar Bagi Masyarakat.