Diabetes Adalah

Tim RBeBe - 19 May 2024

Klik Diabetes di Wikipedia untuk memahami secara ringkas terkait penyakit ini. Klik Diabetes Melitus di Wikipedia untuk informasi yang lebih lengkap.

Penyakit Diabetes terkait dengan gula. Selain gula yang kita ketahui biasa ditambahkan pada minuman agar terasa manis, gula juga terdapat dalam karbohidrat seperti yang ada pada roti, mie, nasi dan lainnya.

Secara sederhana, penyakit diabetes diartikan dengan terlalu banyaknya gula dalam darah di tubuh penderita. Diabetes atau banyak yang menyebut dengan kencing manis, merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di Indonesia setelah stroke dan penyakit jantung.  International Diabetes Federation menyatakan Indonesia berada di peringkat 7 kasus diabetes terbanyak di dunia dan peringkat 3 kasus kasus prediabetes (seseorang yang diprediksi akan menderita diabetes) terbanyak di dunia.

Waspada Gejala Diabetes

Bila seseorang sering merasa kehausan, terasa lapar, buang air kecil, kesemutan atau kebas, badan terasa lemas, mudah lelah, berat badan menurun, mudah mengalami infeksi, pandangan buram, luka lama sembuh, maka perlu diwaspadai adanya penyakit diabetes

Klik Gaya Hidup, Pankreas Sehat Sampai Insulin untuk mengetahui apa yang perlu dijaga, dipulihkan dan diobati terkait diabetes.

Cara Periksa Gula Darah

Melalui laboratorum dengan mengambil darah dengan jarum suntik atau dengan alat tes gula darah yang sudah banyak dijual bebas:

  • Lakukan persiapan sesuai tujuan tes, apakah untuk mengetahui gula darah puasa (perlu berpuasa dahulu) atau mengetahui gula darah setelah makan

  • Bersihkan tangan yang akan diambil darah, lalu darah diambil dengan jarum suntik atau ditusuk dengan jarum steril dan darah diambil untuk ditempelkan pada alat penampung darah

  • Lalu hasil kandungan gula dalam darah akan muncul pada alat tersebut

Kadar Gula Normal/Sehat Pada Orang Dewasa

Untuk menjaga kadar gula yang baik, yang perlu diingat adalah makan sehat, seimbang, salah satunya dengan menjaga asupan gula dan karbohidrat (klik Makan Minum Cukup & Sehat) serta aktif gerak badan. Kadar gula dalam darah setiap orang akan berbeda, walau demikian berikut kadar gula darah yang dinilai sehat:

  • Sebelum makan: kisaran 70-130 miligram/desiliter

  • 1 jam setelah makan: maksimal sekitar 140 miligram/desiliter

  • 2 jam setelah makan: maksimal sekitar 120 miligram/desiliter

  • Puasa 8 jam: dibawah 100 miligram/desiliter.

  • Menjelang tidur: kisaran 100-140 miligram/desiliter.

Kadar gula yang melebihi dari ukuran diatas, perlu diwaspadai apakah masih termasuk pra-diabetes yaitu gejala yang mengarah pada diabetes, atau sudah terkena diabetes. Untuk memastikan hal ini, kunjungi dokter atau layanan medis profesional.

TIPE DIABETES

Bila kandungan gula pada darah jauh melebihi ukuran normal, maka orang tersebut bisa dikategorikan penderita diabetes (contohnya saat cek gula puasa, hasilnya sampai 125mg/dl). Diabetes dibagi menjadi beberapa tipe yaitu:

Tipe 1 > Pankreas tidak bisa memproduksi insulin

Biasanya terkait faktor keturunan (ada keluarga yang mengidap diabetes dan menurunkan penyakit ini) atau bisa juga autoimun, dimana sistem kekebalan tubuh seseorang justru menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas sehingga tidak bisa memproduksi insulin. 

Paparan virus di lingkungan hidup bisa juga menyebabkan penyakit diabetes tipe 1 ini. 

Agar bisa terus beraktifitas dan bertahan hidup, pasien diabetes tipe 1 perlu ditunjang terus dengan asupan insulin.

Tipe 2 > Sel tubuh tidak merespons terhadap insulin yang diproduksi pankreas

Biasanya terkait gaya hidup yang tidak sehat sehingga mengakibatkan glukosa menumpuk dalam darah. Pasien diabetes tipe 2 ini banyak ditemukan pada orang yang gemuk/mempunyai obesitas

Karena terlalu banyak makan gula, termasuk dari berbagai tepung, nasi, ditambah lagi kurangnya olah raga sehingga sel tubuh kurang sensitif dalam merespon insulin dan terjadi penumpukan gula pada darah. Diperkirakan sekitar 95 persen pasien diabetes adalah tipe 2.

Pasien Diabetes tipe 2 biasanya diberikan obat penurun gula darah, selain perlu melakukan kontrol pada makanan serta olahraga yang cukup

Diabetes Gestasional > Sel tubuh kurang merespons terhadap insulin karena kehamilan

Tidak semua wanita hamil mengalami diabetes gestasional dan pasien diabetes tipe ini biasanya sembuh setelah si wanita melahirkan.

Yang berisiko tinggi mengalami diabetes gestasional:

  • Hamil di usia 30 tahun keatas

  • Memiliki berat badan berlebih

  • Pernah mengalami keguguran

  • Punya riwayat penyakit hipertensi dan PCOS

Diabetes Tipe Lainnya

Ada juga diabetes yang dikategorikan tipe yang lain, namun jumlahnya kecil atau pasiennya sangat jarang. Untuk lebih jelas dan detil bisa dikonsultasikan ke dokter. 

Klik Susunan Materi Belajar Diabetes Rbebe. Semoga bermanfaat. Tetap semangat.

(Tim Rbebe)

Kritik saran mohon sampaikan kepada kami. Terimakasih.