Recorder Adalah

Tim RBeBe - 16 May 2024

Recorder ini seringkali disalah pahami sebagai suling/flute, padahal ada perbedaannya. Untuk membunyikan Recorder perlu ditiup seperti suling/flute dengan mulut, namun Recorder lebih mudah, karena seperti meniup peluit saja. Klik Recorder di Wikipedia Bahasa Inggris untuk penjelasan panjang lebar terkait Recorder.

Keunikan dan Kelebihan Recorder

  • Berbentuk pipa kecil, ringkas, mudah dibawa kemana-mana, bahkan bisa ditaruh di kantong untuk jenis Recorder dengan ukuran terkecil

  • Harganya relatif murah (saat artikel ini ditulis, masih ada yang seharga 20 ribuan atau seharga 1 liter minyak goreng)

  • Terbuat dari bahan gading atau plastik, tidak masalah bila terkena air, anti hujan

  • Tanpa perlu batere, hanya dengan tiupan atau tenaga angin yang keluar dari mulut

  • Menguatkan otot pernafasan, karena untuk membunyikannya, perlu ditiup dengan mulut

Sementara ada hal yang bisa dianggap sebagai kekurangan dari Recorder, yaitu perlu ketrampilan jari tangan yang baik agar suaranya terdengar baik dan teratur sesuai nada yang diinginkan. Meniup recorder perlu nafas yang terus menerus, akan terasa lelah bagi yang belum terbiasa.

Jenis Recorder

Recorder terdiri dari beberapa jenis dimana berbeda ukuran sertra suara yang dihasilkan. Yang biasa banyak dijual dan dipakai untuk pembelajaran siswa Sekolah Dasar di Indonesia adalah jenis Sopranino, yaitu ukuran terkecil

Fungsi & Cara Memainkan

Dalam kegiatan bermusik, Recorder berfungsi untuk memainkan melodi pada suatu komposisi musik, seperti memainkan nada melodi yang biasa dinyanyikan seorang vokalis atau bagian alunan melodi yang mengisi dari suatu komposisi musik. 

(Tim Rbebe)