Pernikahan Dalam Katolik

Tim RBeBe - 18 May 2024

Klik Hukum Gereja Mengenai Pernikahan Katolik yang tak terceraikan (artikel dari situs Keuskupan Agung Jakarta), yang juga membahas perbedaan antara sakramen dan pemberkatan pernikahan. 

Proses Pernikahan Katolik

Untuk mengikuti tahapan proses ini, pasangan bisa mendapatkan informasi jelas dan arahan melalui gereja Katolik terdekat yang bisa dijangkau. Berikut ringkasannya:

  • Pasangan (1 laki dan 1 perempuan) mendaftar kursus Membangun Rumah Tangga/MRT* (dimana saja yang diadakan oleh Gereja Katolik) dengan membawa surat pengantar dari lingkungan dari paroki dimana ia terdaftar. fotokopi Akta Kelahiran, Surat Babtis dan Kartu Keluarga Gereja Katolik.

  • Setelah menyelesaikan kursus MRT, pasangan mendatangi paroki dimana calon mempelai wanita atau pria terdaftar.

  • Mengikuti penyelidikan Kanonik di paroki terkait kesiapan membina Rumah Tangga yang sah memastikan bahwa masing-masing belum pernah menikah, atau sudah menikah namun ditinggal mati pasangannya. Intinya masing-masing tidak dalam halangan menikah. Klik https://www.youtube.com/watch?v=g7fLBeUAIx8

  • Memperbaharui surat babtis, membawa dokumen KTP dan foto pasangan ukuran 4x6 yang duduk berdampingan (laki-laki berada disebelah kanan)

  • Bila pasangan bukan katolik maka perlu membawa 2 saksi yang mengenal dengan baik calon pengantin non-Katolik tersebut dan kesediaannya mengikuti tata aturan dan hukum Gereja katolik,

  • Bila ingin diberkati di Gereja yang bukan asal dari masing-masing calon, maka butuh surat pengantar dari Kepala Pastor Paroki dimana pasangan terdaftar.

* Kursus MRT biasanya dilakukan 3 hari di akhir pekan dengan materi pengenalan diri, ekonomi, seksualitas, kehidupan berkeluarga, pengasuhan anak dan lain sebagainya.

Dalam Gereja katolik juga terdapat berbagai kegiatan yang fungsinya mempersiapkan pasangan untuk mempunyai pondasi lebih kokoh untuk membina Rumah Tangga, salah satu contohnya adalah Discovery Program

https://discoverykaj.wordpress.com/


Artikel ini masih dalam pengembangan...

(Tim Rbebe)

Kritik dan masukan mohon sampaikan kepada kami. Terimakasih